Kajian Keterkaitan Sektor Ekonomi Guna Pengembangan Ekonomi Berbasis Keunggulan Lokal di Kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba

0
76

Didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (KemenkoPMK) dan Friedrich Ebert Stiftung (FES).

Laporan ini merupakan satu dari tiga hasil kajian yang dilakukan pada “Kajian Pengembangan Kerjasama Kawasan berbasis Potensi Unggulan Lokal dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional dari Dampak Pandemi COVID-19 Provinsi Sumatera Utara”.

Dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional atau RPJMN tahun 2020 hingga 2024, salah satu agenda pembangunan yang ditetapkan oleh pemerintah adalah memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas. Salah satu bentuk implementasi dari agenda tersebut adalah penguatan sektor pariwisata karena sektor pariwisata dianggap mampu menjadi sektor pendorong pertumbuhan yang berkualitas.

Namun, pada tahun 2020 seiring dengan terjadinya COVID-19, semua sektor pariwisata mengalami penurunan imbas dari pembatasan kegiatan masyarakat. Akibatnya, perekonomian sejumlah tempat wisata menurun cukup tajam. Begitu juga dengan Provinsi Sumatera Utara yang mengalami penurunan ekonomi sebesar -1,07 persen. Sektor terkait pariwisata di Provinsi Sumatera Utara seperti sektor penyediaan akomodasi dan makan minum serta sektor lainnya seperti transportasi dan pergudangan mengalami konstraksi.

Untuk membantu pemulihan perekonomian Sumatera Utara, diperlukan langkah peningkatan efektivitas dari program pariwisata. Salah satunya adalah peningkatan efektivitas program DPSP. Guna mendukung peningkatan efektivitas program DPSP, maka diperlukan kajian keterkaitan antar sektor.

Kajian ini menganalisis keterkaitan antar sektor ini untuk melihat sektor yang mampu menghasilkan efek multiplier ke perekonomian secara keseluruhan, khususnya sektor pariwisata. Selain interaksi antar sektor ekonomi, terdapat juga hubungan ekonomi antar Provinsi yang mempengaruhi kemajuan ekonomi suatu Provinsi. Ada efek ekonomi yang terjadi pada Provinsi lainnya jika terdapat perubahan kebijakan di suatu Provinsi.

Laporan kajian selengkapnya dapat di akses pada tautan berikut:LP-20230603-02-Kajian Keterkaitan Sektor Ekonomi Guna Pengembangan Ekonomi Berbasis Keunggulan Lokal di Kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba