
Bentuk Publikasi | Laporan Penelitian |
Judul Publikasi | Pendanaan Pendidikan Dasar Gratis Berkualitas di Indonesia |
Project | Studi ini membahas pelaksanaan pendidikan dasar gratis di Indonesia dengan meninjau literatur, konvensi internasional, dan peraturan yang relevan melalui pendekatan studi pelingkupan. Fokusnya adalah pada kecukupan anggaran, keadilan, dan efisiensi pendanaan pendidikan, dengan data yang dikutip dari penelitian lembaga seperti Bank Dunia dan ACDP. Kajian ini menggunakan estimasi biaya pendidikan dari studi Abbas Gozali (2008) untuk menghitung anggaran yang diperlukan, menganalisis keadilan melalui perbandingan alokasi dana antar wilayah dan kelompok sosial-ekonomi, serta menilai efisiensi dengan membandingkan alokasi anggaran terhadap hasil pembelajaran. Temuan ini bertujuan mendukung kebijakan pendidikan dasar gratis yang inklusif dan berkelanjutan |
Funding | USAID ProRep |
Penelitian ini mengeksplorasi penyelenggaraan pendidikan dasar gratis di Indonesia dengan menggunakan pendekatan studi pelingkupan untuk meninjau literatur, konvensi internasional, dan peraturan yang relevan. Fokusnya adalah pada kecukupan anggaran, keadilan, dan efisiensi dalam pendanaan pendidikan dasar. Penelitian ini mengidentifikasi bahwa estimasi anggaran untuk pendidikan gratis, berdasarkan studi Abbas Gozali (2008), memberikan gambaran kebutuhan dana yang diperlukan untuk menjamin keberlanjutan program tersebut.
Selain itu, penelitian dari Bank Dunia dan ACDP juga menjadi referensi penting dalam mendukung analisis ini. Kajian ini menyoroti ketimpangan pendanaan pendidikan antara wilayah geografis serta kelompok sosial-ekonomi, dan efisiensinya diukur melalui perbandingan antara alokasi anggaran dan hasil pembelajaran. Dengan memberikan rekomendasi strategis bagi pembuat kebijakan, studi ini menjadi landasan penting untuk mendukung pendidikan dasar gratis yang adil dan berkelanjutan.
Artikel ini merupakan bagian dari rangkaian studi tentang “Kebijakan Pendidikan Dasar Gratis di Indonesia,” yang membahas lebih dalam isu-isu strategis dan arah kebijakan untuk memperkuat sistem pendidikan dasar di Indonesia. Informasi lebih lanjut mengenai hasil penelitian dan kebijakan yang diusulkan dapat diakses melalui tautan di bawah ini.
Download Dokumen

Dokumen akan dikirim ke email Anda.