MELESTARIKAN HUTAN, MENYEJAHTERAKAN MASYARAKAT

0
226

Pengelolaan hutan yang inklusif merupakan pergeseran yang cukup penting mengingat dalam kebijakan pengelolaan hutan sebelumnya cenderung lebih elitis. Seperti dikelola oleh negara sendiri atau memberikan lisensi pada pengusaha besar. Sementara masyarakat hanya menjadi penonton dan kadang dianggap sebagai penjahat “hanya” karena mengambil sedikit dari hasil hutan.

Buku ini menunjukkan beberapa cerita keberhasilan tersebut. Melalui kisah-kisah yang dituturkan, telah membuktikan bahwa program Perhutanan Sosial tidak hanya berhasil menghentikan pengrusakan hutan, tapi juga telah berhasil meningkatkan kesejahteraan ekonomi, menghormati hak-hak komunitas adat dan masyarakat di sekitar hutan serta memperluas partisipasi masyarakat untuk menjaga dan melestarikannya.

Di buku yang sedang Anda baca ini, ada sekitar delapan kisah menarik tentang program pembiayaan Hutan sosial yang inklusif di Kabupaten Bantaeng dan Enrekang, Sulawesi Selatan serta Ende, Nusa Tenggara Timur. Tidak hanya berkaitan dengan teknis bagaimana mereka mengelola Hutan Sosial, tapi juga dampak terhadap sistem sosial yang berlaku.

Silakan mengisi formulir di bawah ini untuk akses penuh terhadap buku “MELESTARIKAN HUTAN, MENYEJAHTERAKAN MASYARAKAT”

Name *

Email *

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here