Ringkasan Kegiatan Mentorship Waroeng33

0
62

Mentorship “Membangkitkan UMKM di Masa Pandemi”

Salah satu kegiatan Waroeng33 di masa pandemi ini adalah memberikan rangkaian kegiatan mentorship kepada para produsen, terutama dalam pengemasan produk. Pelatihan yang diberikan kepada pelaku usaha tidak hanya terkait pengemasan produk, namun juga pelatihan terkait pengoptimalan foto produk, bagaimana cara membuat rencana bisnis, digital marketing, dan pelatihan terkait catatan keuangan usaha.

Bekerjasama dengan Nanas Media, PLUS, dan Mien R Uno Foundation, melalui kegiatan ini, Waroeng33 memberikan ruang bagi pelaku usaha dalam menjalankan usaha untuk memaksimalkan modalitas yang dimiliki dengan peningkatan kapasitas teknis dan juga kesempatan untuk berdiskusi bersama para ahlinya. Ketika mitra telah memiliki kapasitas yang lebih baik dalam menjalankan bisnis maka akan berpengaruh kepada cara mitra dalam menjalankan bisnis tersebut. Harapannya dengan kapasitas meningkat, pendapatan mitra juga meningkat, kesejahteraan mitra juga meningkat.

Pandemi memunculkan berbagai tantangan yang akhirnya menuntut setiap pemilik UMKM lebih adaptif. Digital marketing, sebagai materi yang diajarkan oleh Nanas Media dapat menjadi salah satu modal bagi pengusaha UMKM dalam memasarkan produknya lebih luas lagi disaat pemasaran secara offline tidak memungkinkan untuk dijalankan di masa pandemi. Berbeda dengan materi ‘Blue Ocean Strategy’ yang mana mitra diajarkan untuk dapat membaca situasi dan menetapkan inovasi yang dapat dilakukan dalam mempromosikan produknya. Serta, tak kalah menarik lainnya, mitra juga dilatih untuk memberikan pitching yang baik untuk menarik minat konsumen.
Pelatihan dilakukan selama 3 hari ini telah dihadiri oleh 14 peserta yang sangat antusias untuk belajar bersama. Pesertanya pun berasal dari beragam latar belakang; komunitas masyarakat adat Enrekang, komunitas masyarakat yang tinggal disekitar hutan Bantaeng, kelompok difabel Garut dan pelaku UMKM lainnya.

 

Tema Output Outcome NaraSumber
Blue Ocean strategy Peserta dapat menemukan keunikan dari bisnisnya kemudian tergerak untuk melakukan inovasi untuk menambahkan added value dan tidak terperangkap di areal red ocean market. Terdapat peningkatan penjualan dan produk yang dimiliki dapat masuk ke target pasar yang lebih spesifik. PLUS
Branding Produk mitra memiliki keterampilan dalam membangun branding produk mereka Dapat meningkatkan skill mitra dalam membranding produk MRUF
Teknik Foto Produk Mitra memiliki keterampilan dalam mengambil gambar produk mereka untuk dipasarkan secara online Mitra memiliki pengalaman dan memiliki tolak ukur terkait teknik foto produk PLUS
Digital Marketing Mitra diharapkan dapat lebih adaptif dalam memasarkan produk mereka secara online Mitra memiliki kemampuan adaptif dalam mengembangkan produknya lewat digital marketing Nanas
Digital Marketing Mitra diharapkan dapat lebih adaptif dalam memasarkan produk mereka secara online Mitra memiliki kemampuan adaptif dalam mengembangkan produknya lewat digital marketing Nanas
Teknik Pitching Peserta memiliki kepercayaan diri untuk mempromosikan bisnisnya secara efektif baik untuk targeted customer maupun calon investor. Terdapat peningkatan customer, revenue dan peserta memiliki link lebih banyak untuk memasarkan bisnisnya. MRUF

 

Peserta
Peserta pelatihan dihadiri sebanyak 14 orang, 4 orang dari mitra yang bergabung di waroeng33 dan 10 orang lagi terbuka untuk umum. Persyaratan peserta umum yaitu minimal 3 bulan lama usaha yang sudah dijalani. 4 mitra yang sudah bergabung diwaroeng33 yaitu terdiri dari komunitas masyarakat adat Enrekang, komunitas masyarakat yang tinggal disekitar hutan Bantaeng, kelompok difabel Garut dan pelaku UMKM.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 3 hari secara online
Hari/Tanggal : 28, 30 dan 31 Maret 2022
Waktu : 10.00-15.30 WIB
Tempat : Platform Zoom

Jadwal Kegiatan

Pertemuan Waktu Materi Keterangan
Hari pertama
Tujuan:  Peserta dapat menemukan keunikan dari bisnisnya kemudian tergerak untuk melakukan inovasi untuk menambahkan added value
Hari 1
28 Maret 2022
10.00 – 10.10 Pembukaan Direktur A33
Hari 1 10.00 Penyampaian Materi Blue Noveri Maulana
28 Maret 2022 11.30 Ocean strategy (PLUS)
Hari 1 28 Maret 2022 11.30 – 12.00 Pengendapan dan Tanya jawab Moderator waroeng33
Hari 1 28 Maret 2022 12.00 – 13.00 Istirahat Moderator A33
Hari 1 28 Maret 2022 13.00 – 13.15 Ice Breaking Tim Waroeng33 A33
Hari 1 28 Maret 2022 13.15 – 15.15 Penyampaian Materi Branding produk MRUF
Hari 1 28 Maret 2022 15.15 – 15.30 Tanya jawab dan closing Moderator waroeng33
Hari ke dua
Tujuan Mitra memiliki keterampilan dalam mengambil gambar produk mereka untuk dipasarkan secara online dan Mitra diharapkan dapat lebih adaptif dalam memasarkan produk mereka secara online
Hari 2 30 Maret 2022 10.00 – 10.10 Ice Breaking Tim waroeng33
Hari 2 30 Maret 2022 10.10 – 11.30 Penyampaian Materi Teknik foto produk Sitin (PLUS)
Hari 2 30 Maret 2022 11.30 – 12.00 Pengendapan dan Tanya jawab Moderator waroeng33
Hari 2 30 Maret 2022 12.00 – 13.00 Istirahat Moderator A33
Hari 2 30 Maret 2022 13.00 – 13.15 Ice Breakingt Tim Waroeng33
Hari 2 30 Maret 2022 13.15 – 15.15 Penyampaian Materi digital marketing Ceye (Nanas Media)
Hari 2 30 Maret 2022 15.15 – 15.30 Tanya jawab dan closing Moderator waroeng33
Hari ke tiga
Tujuan Peserta memiliki kepercayaan diri untuk mempromosikan bisnisnya secara efektif baik untuk targeted customer maupun calon investor.
Hari 3 31 Maret 2022 10.00 – 10.10 Pembukaan dan ice breaking Moderator waroeng33
Hari 3 31 Maret 2022 10.10 – 30.10 Penyampaian Materi Teknik Pitching MRUF
Hari 3 31 Maret 2022 11.30 – 12.00 Tanya jawab dan penutup Moderator waroeng33

Hasil Capaian Kegiatan :

  1. Sebanyak 14 mitra memiliki pengetahuan tentang menjalankan dan mengembangkan usaha
  2. Saling terhubung antar pelaku usaha dan mereka bisa saling belajar dengan sama lain
  3. Pelaku usaha memiliki alternatif lain dalam memasarkan produk mereka secara online yaitu lewat waroeng33

Foto Kegiatan :