PENANDATANGANAN KONTRAK NOTA KESEPAHAMAN

0
38

Kemitraan yang erat antara SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dengan Industri dan Dunia Kerja (IDUKA) diyakini dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja lulusan SMK. Namun menjalin kemitraan SMK dengan IDUKA bukan perkara mudah, di tengah belum adanya kesepahaman bahwa kedua belah pihak saling membutuhkan. SMK membutuhkan IDUKA untuk memperoleh informasi teknologi terbaru dan praktek kerja. Begitu pun iduka membutuhkan SMK untuk menyiapkan tenaga kerja terampil dan siap kerja.

Artikel Tiga Tiga Indonesia telah berupaya mendorong kemitraan SMK dengan IDUKA dengan memfasilitasi penandatangan nota kesepahaman antara tiga SMK swasta dengan DPP APINDO Jawa Tengah. Ketiga SMK tersebut adalah SMK Maarif NU Kudus, SMK Muhammadiyah Salam 2 Cepu dan SMK Muhammadiyah 1 Magelang. Penandatangan MOU diselenggarakan di SMK Maarif di Kabupaten Kudus pada awal bulan Ramadhan lalu, tepatnya 6 April 2022. Kegiatan penandatangan MOU dihadiri langsung oleh ketua DPP APINDO Jawa Tengah,
Bapak Frans bersama Sekjen, Kepala Ketiga SMK, perwakilan Artikel Tiga TIga Indonesia dan PATTIRO Semarang.

Tujuan dari penandatanganan MOU ini adalah bahwa DPP APINDO Jawa Tengah berkomitmen memfasilitasi kerjasana SMK dengan para pelaku usaha yang bernaung di bawah APINDO Jawa Tengah.

Kegiatan penandatangan MOU di bulan suci Ramadhan memiliki arti penting dan menjadi awal untuk mewujudkan kemitraan yang erat SMK dengan IDUKA di Jawa Tengah di masa mendatang. Dengan adanya kesepahaman tersebut, diharapkan tidak ada lagi stigma dari pihak iduka terhadap SMK yang sering kali menjadi penghambat kerjasama SMK dengan IDUKA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here