LOWONGAN KERJA PENYUSUN MEDIA PEMBELAJARAN NVIVO/PENELITIAN KUALITATIF/TABLEAU/BIG DATA ANALYSIS

0
198

DESKRIPSI LEMBAGA

Article 33 Indonesia adalah sebuah lembaga penelitian kebijakan untuk isu pembangunan inklusif. Article 33 Indonesia telah menghasilkan berbagai riset di bidang-bidang: (a) pemetaan regulasi dan kerangka regulasi; (b) pendidikan; (c) pembangunan desa dan wilayah 3T pengelolaan sumber daya alam (SDA); (d) kesehatan; (e) kehutanan; dan (f) kependudukan. Selain riset, Article 33 Indonesia juga telah melakukan berbagai pendampingan pembangunan kebijakan untuk pemerintah terkait serta membangun jaringan dengan berbagai organisasi masyarakat sipil yang relevan.

Saat ini Article 33 Indonesia memiliki sub organisasi yakni, Article 33 Research Academy (A33RA) yang berfokus untuk mendukung perkembangan penelitian sosial di Indonesia, melalui sebuah learning management system. A33RA merupakan platform digital yang bertujuan untuk meningkatkan literasi sains para peneliti muda, mahasiswa dan masyarakat umum untuk dapat lebih mengembangkan potensi dalam bidang penelitian, terutama yang berkaitan dengan ruang lingkup Article 33 Indonesia.

RINGKASAN PEKERJAAN

Article 33 Research Academy merupakan sebuah learning management system yang diinisiasi oleh Article 33 Indonesia, sebuah lembaga penelitian yang memiliki fokus dalam mendorong kebijakan berdasarkan bukti ilmiah. Article 33 Research Academy diinisiasi sebagai sebuah platform pembelajaran bagi masyarakat luas untuk melakukan penelitian yang berkualitas dan dapat membawa manfaat perubahan bagi masyarakat sesuai dengan latar belakang ilmu yang didalami.

Penyusun Modul akan mendukung Article 33 Research Academy dalam menyusun modul dan media pembelajaran yang merupakan bagian dari learning management system sesuai dengan materi yang dikuasai dan sesuai dengan penawaran, yakni:

  1. NVIVO atau,
  2. Penelitian Kualitatif atau,
  3. Tableau atau,
  4. Big Data Analysis.

Penyusun modul akan secara intens berhubungan dengan tim Article 33 Research Academy dalam waktu satu bulan dalam menyusun modul dan media pembelajaran dengan alur yang sistematis. Selain modul yang menjadi fokus utama dalam media pembelajaran pemodul juga akan menyusun video pembelajaran sebagai bagian dari media pembelajaran. Hal tersebut ditujukan agar para pengguna modul dapat memahami isi materi yang ada di dalamnya sesuai dengan tujuan pembelajaran.

PERAN DAN TANGGUNG JAWAB

Posisi Penyusun Modul dan Media Pembelajaran akan langsung menjadi tim Article 33 Indonesia dan Artile 33 Research Academy serta bertanggung jawab kepada Executive Director, Program Manager, dan Article 33 Research Academy Manager dengan ruang lingkup tanggung jawab berikut:

  1. Menyusun alur dan mekanisme pembuatan media pembelajaran terutama modul yang dapat menjadi referensi bagi pembuat media pembelajaran dan juga calon trainer;
  2. Tersusunnya indikator yang dapat menjadi acuan dalam menyusun media pembelajaran yang dapat memenuhi standar kualitas yang baik;
  3. Menyusun modul dan media pembelajaran dalam waktu satu bulan (dapat dibicarakan lebih lanjut) yang mudah dipahami dan diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan konsumen LMS.

KUALIFIKASI

  1. Gelar S1 atau di atasnya di bidang yang relevan  dengan modul yang dipilih ( telah memiliki gelar S2 / S3 dan dalam proses penyelesaian study sangat diutamakan), misalnya: 
    1. NVIVO: Anthropology, Ekonomi, Pendidikan, Ekonomi Perikanan, dll
    2. Penelitian Kualitatif: Anthropology, sosiologi, Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan Masyarakat, dll
    3. Tableau: ekonomi, statistic, pendidikan, sosiologi, kesehatan masyarakat
    4. Big Data Analysis: statistic, matematika, data science, computer science
  2. Memiliki pengalaman dalam menyusun modul dan/atau media pembelajaran (dikonfirmasi dengan contoh karya dalam bahasa Indonesia dan/atayi bahasa Inggris);
  3. Memiliki pengalaman mengajar di materi tersebut dan bersedia untuk menjadi trainer apabila diperlukan;
  4. Kemampuan berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris yang baik, baik lisan maupun tulisan;
  5. Pengetahuan tentang isu-isu yang menjadi fokus kerja Article 33 Indonesia akan menjadi nilai tambah;
  6. Kemahiran dalam menerapkan aplikasi digital learning dengan materi yang ditawarkan
  7. Bersedia bekerja baik secara mandiri maupun dengan tim dengan jadual yang fleksibel, serta menjunjung tinggi prinsip-prinsip dan kebijakan Article 33 Indonesia.

PROSEDUR APLIKASI DAN SELEKSI

Article 33 Indonesia merupakan lembaga yang membuka kesempatan yang setara bagi siapapun. Pelamar tidak boleh didiskriminasi karena ras, agama, jenis kelamin, asal negara, etnis, usia, disabilitas, afiliasi politik, orientasi seksual, identitas gender, warna kulit dan/atau status perkawinan.

Pelamar dengan Disabilitas: Article 33 Indonesia mengakomodasi pelamar dengan disabilitas, di mana pelamar dengan disabilitas yang memenuhi syarat dapat berpartisipasi dalam proses aplikasi. Harap beri tahu kami secara tertulis tentang kebutuhan khusus pada saat melamar.

Aplikasi harus menyertakan dokumen-dokumen lampiran sebagai berikut:

  1. Surat Motivasi (tidak lebih dari 1 halaman);
  2. CV;
  3. Maksimal 2 (dua) contoh modul yang sudah pernah disusun sebelumnya (jika terdapat video pembelajaran yang pernah disusun akan menjadi nilai lebih).

Aplikasi dapat dikirimkan melalui email dengan subject : A33_LMS_ (pilihan materi),  ex: A33_LMS_NVIVO (jika dapat menyusun modul dan video NVIVO) , jika berminat lebih dari satu materi dapat mengirim dalam email terpisah. Email Paling lambat  Jumat, 22 Oktober 2021 ke: [email protected]  dan cc ke [email protected] dan [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here