LOWONGAN KERJA PART-TIME: MEDIA OFFICER

0
378

LOWONGAN KERJA PART-TIME: MEDIA OFFICER

DESKRIPSI LEMBAGA

Article 33 Indonesia adalah sebuah lembaga penelitian kebijakan untuk isu pembangunan inklusif. Article 33 Indonesia telah menghasilkan berbagai riset di bidang-bidang: (a) pemetaan regulasi dan kerangka regulasi; (b) pendidikan; (c) pembangunan desa dan wilayah 3T pengelolaan sumber daya alam (SDA); (d) kesehatan; (e) kehutanan; dan (f) kependudukan. Selain riset, Article 33 Indonesia juga telah melakukan berbagai pendampingan pembangunan kebijakan untuk pemerintah terkait serta membangun jaringan dengan berbagai organisasi masyarakat sipil yang relevan.

Untuk informasi lebih lanjut seputar Article 33 Indonesia silakan mengunjungi www.article33.or.id.

RINGKASAN PEKERJAAN

Media Officer akan mendukung Article 33 Indonesia dalam mengkomunikasikan hasil-hasil kerja Article 33 Indonesia, baik riset, pengembangan kebijakan maupun pemberdayaan komunitas, kepada pemangku kepentingan, pembuat kebijakan, sesama lembaga riset/advokasi dan masyarakat luas. Media Officer akan bekerja sama dengan tim Article 33 Indonesia, baik dengan sesama tim komunikasi, tim peneliti, tim manajer dan tim administrasi, yang memiliki berbagai latar belakang bidang keahlian.

Untuk itu, Media Officer bertanggung jawab untuk menyusun strategi dan mengembangkan alat komunikasi yang efektif dan menarik. Hal tersebut ditujukan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat dan pemangku kepentingan terhadap kinerja-kinerja Article 33 Indonesia dan pertumbuhan organisasi Article 33 Indonesia di kemudian hari.

PERAN DAN TANGGUNG JAWAB

Posisi Media Officer akan langsung menjadi tim komunikasi Article 33 Indonesia dan bertanggung jawab kepada Executive Director, Program Manager dan Communication Specialist Posisi tersebut mencakup tanggung jawab berikut:

  1. Membantu Communication Specialist mendesain dan mengembangkan produk-produk Article 33 Indonesia, seperti e-poster, e-brochure, infografis, factsheets, dsb;
  2. Membantu Communication Specialist mengelola media sosial Article 33 Indonesia dan lini bisnis Article 33 Indonesia lainnya, berupa: Linkedin, Facebook, Youtube, Instagram, Twitter, dsb, dengan ruang lingkup:
  3. Membuat desain berdasarkan content planning yang telah dibuat oleh Communication Specialist;
  4. Memposting desain content yang telah dibuat secara rutin;
  5. Melakukan interaksi dengan audience secara online dan rutin;
  6. Menyusun strategi komunikasi di sosial media;
  7. Membuat laporan mingguan dan bulanan.

KUALIFIKASI

  1. Gelar S1 di bidang yang relevan, misalnya komunikasi, marketing atau desain grafis;
  2. Minimal satu (1) tahun pengalaman kerja mengelola komunikasi atau jurnalisme serta pendokumentasian, yang diutamakan yang berhubungan dengan riset dan advokasi kebijakan;
  3. Memiliki pengalaman dalam menyusun strategi komunikasi serta mengembangkan, menulis dan mendesain konten di berbagai media, dalam format cetak, web maupun sosial media (dikonfirmasi dengan contoh karya dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris);
  4. Kemampuan berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris yang baik, baik lisan maupun tulisan;
  5. Pengetahuan tentang isu-isu yang menjadi fokus kerja Article 33 Indonesia akan menjadi nilai tambah;
  6. Kemahiran dalam menerapkan aplikasi yang relevan manajemen konten dan software desain grafis;
  7. Bersedia bekerja baik secara mandiri maupun dengan tim dengan jadual yang fleksibel, serta menjunjung tinggi prinsip-prinsip dan kebijakan Article 33 Indonesia.

PROSEDUR APLIKASI DAN SELEKSI

Article 33 Indonesia merupakan lembaga yang membuka kesempatan yang setara bagi siapapun. Pelamar tidak boleh didiskriminasi karena ras, agama, jenis kelamin, asal negara, etnis, usia, disabilitas, afiliasi politik, orientasi seksual, identitas gender, warna kulit dan/atau status perkawinan.

Pelamar dengan Disabilitas: Article 33 Indonesia mengakomodasi pelamar dengan disabilitas, di mana pelamar dengan disabilitas yang memenuhi syarat dapat berpartisipasi dalam proses aplikasi. Harap beri tahu kami secara tertulis tentang kebutuhan khusus pada saat melamar.

Aplikasi harus menyertakan dokumen-dokumen lampiran sebagai berikut:

  1. Surat Motivasi (tidak lebih dari 1 halaman);
  2. CV;
  3. Maksimal 3 (tiga) contoh publikasi dalam versi elektronik, misalnya konten web, infografis, fact sheets, e-poster dan lesson learned story).

Aplikasi dapat dikirimkan melalui email paling lambat Senin, 04 Oktober 2021 ke: [email protected] dan cc ke [email protected] [email protected]