[KOMPAS] Dukungan Pemerintah Daerah Sukseskan Perhutanan Sosial

0
126

JAKARTA, KOMPAS — Keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan hutan sosial tidak hanya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tetapi juga meningkatkan upaya pelestarian hutan. Dukungan regulasi dari pemerintah daerah pun diperlukan agar tujuan perhutanan sosial bisa lebih optimal.

Peneliti Article 33 Indonesia, Syofia Agustini, menyampaikan, program perhutanan sosial yang sudah berjalan di sejumlah daerah berhasil menekan potensi kerusakan hutan. Kesejahteraan masyarakat setempat juga semakin meningkat dari adanya program ini.

”Pemberian akses secara legal kepada masyarakat untuk mengelola hutan telah meningkatkan sumber penghasilan serta sumber alternatif penghidupan bagi masyarakat. Ini juga menjadi solusi untuk mengimbangi kebutuhan ekonomi dengan kebutuhan ekologis agar hutan tetap terpelihara dan terjaga baik,” katanya dalam diskusi terkait pemaparan buku hasil kerja peneliti Article 33 Indonesia berjudul Melestarikan Hutan, Menyejahterakan Masyarakat, di Jakarta, Kamis (9/9/2021).

artikel lendkap ditayangkan di link berikut:
https://www.kompas.id/baca/ilmu-pengetahuan-teknologi/2021/09/09/dukungan-pemerintah-daerah-sukseskan-perhutanan-sosial/