[IDF] Pembicara Terpilih IDF 2019: Agus Pratiwi Dorong Kebijakan Pembangunan Desa yang Inklusif untuk Perempuan

0
96

“Rekomendasinya tentu saja merancang paket kebijakan pembangunan desa sebagai kebijakan yang memiliki gender concern,” kata Pratiwi.

Agus Pratiwi adalah Program Manager dan Peneliti Divisi Kebijakan Sosial di Article 33 Indonesia, lembaga riset untuk perubahan sosial yang berbentuk perkumpulan. Riset Agus banyak bergerak di isu gender, ketenagakerjaan, dan pembangunan pedesaan. Lulusan Universitas Padjajaran ini juga mengajar di almamaternya, tepatnya di Fakultas Hukum. Sebelum bekerja di Artikel 33, Agus Pratiwi pernah aktif di LBH Jakarta dan Rechtswinkel Tilburg.

Terkait PKTD dalam penelitian Pratiwi, program ini ditujukan untuk mencapai target terciptanya 5 juta hingga 6,6 juta tenaga kerja di daerah perdesaan. Dalam laman Artikel33, Pratiwi menulis, selain untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa, alokasi 30 persen dana desa untuk program padat karya bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja sementara, dan meningkatkan daya beli masyarakat di perdesaan. Selain itu, PKTD diharapkan dapat meningkatkan akses perempuan dalam partisipasi dan pemberdayaan masyarakat desa.

 

Artikel selengkapnya dapat dibaca melalui tautan berikut:

https://indonesiadevelopmentforum.com/2019/article/15192-pembicara-terpilih-idf-2019-agus-pratiwi-dorong-kebijakan-pembangunan-desa-yang-inklusif-untuk-perempuan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here