Pertemuan Policy Research Institute Knowledge Sector Initiative (PRI-KSI)

0
179

Knowledge Sector Initiative: Aliansi lembaga riset untuk reseach excellent

Pada tanggal 26 dan 27 Januari 2017, bertempat di Hotel Novotel Bogor dilakukan pertemuan KSI dengan 16 lembaga mitra yang biasa disebut Policy Research Institute (PRI). Article 33 Indonesia adalah salah satu anggota mitra PRI. Acara ini adalah tindak lanjut dari acara serupa yang sebelumnya telah dilakukan di Kuningan Jawa Barat. Dalam pertemuan tersebut dibahas tentang hasil review terhadap mitra PRI menyangkut manajemen lembaga, kualitas hasil riset dan peneliti, jaringan, dan usulan tentang pembentukan aliansi.

Pembentukan aliansi yang idenya muncul dalam pertemuan di Kuningan, dilakukan untuk mendorong kerja sama antarlembaga PRI yang minimal ditujukan untuk meningkatkan kualitas hasil riset dan mendorong pemanfaatan hasil riset untuk pengembangan kebijakan. Bagaimana aliansi akan dijalankan, apa kegiatan yang akan dilakukan, masih dalam perbincangan. Dalam jangka pendek, beberapa lembaga telah mengusulkan adanya kegiatan penulisan di jurnal, pelatihan on-line etika penelitian, dan dalam lingkup tertentu joint research antara beberapa lembaga anggota aliansi.

Ke depan, tentu saja kerja sama antarlembaga ini tidak hanya ditujukan untuk peningkatan kualitas penelitian, namun juga meningkatkan posisi tawar aliansi pada pemerintah baik pusat maupun daerah dalam pengembangan kebijakan.