Article 33 Indonesia Gelar Forum Diskusi Terarah

0
89
Reporter MC Kab Musi Banyuasin  |  Ditayangkan Eka Yonavilbia

Sekayu, InfoPublik  – Article 33 Indonesia bekerja sama dengan FITRA Sumsel menyelenggarakan forum diskusi terarah yang mempertemukan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dengan perangkat desa yang memiliki dampak pada tambang di Hotel Ranggonang, Kamis, (28/1).

Forum diskusi terarah tersebut bertujuan untuk merumuskan dan mengidentifikasi program dan potensi pembangunan desa yang memiliki dampak pada tambang sesuai kebutuhan prioritas masyarakat desa serta menyepakati program-program terhadap celah fiskal dan sumber daya lain yang tersedia di desa untuk selanjutnya didorong dalam program pembangunan Pemkab Muba.

Hadi Prayidyo selaku peneliti Article 33 Indonesia, ingin menjembatani pembangunan desa atas sumber daya dan kewenangan yang kini dimiliki oleh desa bersama dengan pemerintah kabupaten.

“Pengembalian manfaat perolehan dari potensi tambang langsung kepada daerah dan desa yang penghasilan dan berdampak tambang dalam rangka pemerataan pendapatan dan distribusi manfaat sumber daya alam sesuai dengan cita-cita pasal 33 UUD 1945”, ujarnya.

Sementara itu, Herman perwakilan dari Badan Lingkungan Hidup dan Penelitian Pengembangan (BLHPP) Muba, mengatakan, Pemkab Muba telah mengeluarkan program alokasi dana 1 miliar 1 desa yang telah berjalan selama empat tahun.

Tujuannya untuk pemerataan pembangunan di seluruh desa di wilayah Kabupaten Muba. Oleh karena itu, desa penghasil dan desa yang terdampak tambang harus memanfaatkan dana bagi hasilnya secara bijaksana dan hati-hati sesuai dengan aturan yang berlaku.

Forum diskusi terarah tersebut mengundang beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait Fitra Sumsel, Sumber Daya Alam (SDA) Watch Sumsel, serta 14 perangkat desa penghasil tambang dan desa yang memiliki dampak di Kabupaten Muba.

Di akhir diskusi tersebut, setiap kepala desa mengisi kuesioner yang bertujuan untuk menjaring masukan terkait dengan identifikasi potensi dan strategi pengembangan desa di wilayah pertambangan. (Muba/Angga)

 

http://infopublik.id/read/143368/article-33-indonesia-gelar-forum-diskusi-terarah.html