EVALUASI PROGRAM PADAT KARYA TUNAI DI DESA (PKTD) 2018

0
289

Program Padat Karya Tunai di Desa (PKTD) ditujukan untuk mencapai target terciptanya 5 juta – 6,6 juta tenaga kerja di daerah perdesaan. Selain untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa, alokasi 30% dana desa untuk program padat karya bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja sementara dan meningkatkan daya beli masyarakat di perdesaan. Selain itu, PKTD diharapkan dapat meningkatkan akses perempuan dalam partisipasi dan pemberdayaan masyarakat desa.

Studi ini merupakan langkah awal untuk memberikan gambaran tentang pelaksanaan program PKTD Tahap 1 terkait perencanaan, pelaksanaan, serta kendala dalam perencanaan dan pelaksanaan, termasuk aspek-aspek gender yang ada di setiap proses tersebut. Metode yang digunakan dalam studi evaluasi ini adalah process evaluation, di mana evaluasi dilakukan terhadap program yang tengah diimplementasikan dan dioperasikan. Kerangka GESI digunakan dalam studi ini untuk mengidentifikasi relasi gender di rumah tangga, tingkat komunitas desa dan ranah publik yang lebih luas, yang menjadi faktor keterlibatan perempuan dalam pembangunan desa.

Studi kualitatif ini dilakukan dengan mengumpulkan informasi melalui wawancara mendalam, observasi langsung dan pengumpulan dokumen. Lokasi studi terdiri dari Desa Karangmulya dan Desa Karangkerta (Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat) dan Desa Mandahu dan Desa Makamenggit (Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur).

Name *

Email *

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here