Pelaku dan Kelembagaan dalam Pengawasan Perdagangan Batu Bara Indonesia

0
14

Keunggulan batu bara Indonesia antara lain kadar belerang yang rendah yang diklaim paling ramah lingkungan, dan  kemudahan jalur transportasi dengan akses langsung dari tambang ke sungai dan lepas pantai, sehingga harga dapat bersaing dengan Australia yang sangat mengandalkan keterbatasan infrastruktur darat seperti kereta api.

Kemudahan ini menjadi momok tersendiri dengan maraknya penyelundupan. Di sisi lain, peralihan urusan pemerintahan dari kabupaten/kota ke tingkat pusat dan provinsi berdasarkan UU 23/2014 tentang Pemerintah Daerah menimbulkan celah-celah kekosongan pengawasan kegiatan pertambangan dan perdagangan batu bara.

Sebagian besar tugas pengawasan di lapangan diselenggarakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Namun, baik jumlah inspektur tambang maupun petugas penyidik kalah jauh daripada jumlah izin usaha pertambangan yang mencapai 10000 lebih.

Berbagai tarik-ulur kebijakan dan penganggaran antara tingkat pusat dan daerah perlu segera diurai demi terwujudnya penegakan kedaulatan negara atas sumber daya alam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here